Rabu, 21 September 2016

Kain batik Terunik

Di sini kita pergi, kita siap untuk membuat batik.
Hasil gambar untuk kain batik
1. Pertama tentang cara membuat batik, kain batik kita membuat pola awal atau desain dengan menggunakan pensil. Dalam Indonesia pola ini dalam langkah ini disebut "molani". Untuk para pembuat batik ahli, mereka mampu menciptakan motif mereka sendiri. Tapi untuk pemula, disarankan untuk mengikuti motif-motif umum yang tersedia.

2. Setelah Anda selesai membuat molani, langkah selanjutnya adalah melukis dengan lilin cair dengan menggunakan canting dengan mengikuti pola yang telah dibuat sebelumnya.

3. Tutup bagian-bagian yang akan tetap berwarna dengan menggunakan lilin. Gunakan canting pada bagian rinci dan menggunakan kuas pada area yang luas.

4. Langkah keempat adalah proses pewarnaan dengan mencelupkan kain ke dalam pewarna pelarut tertentu.

5. Pengeringan kain yang telah dicelupkan.

6. Jika Anda ingin memiliki beberapa warna, maka langkah nomor 3, 4, dan 5 harus diulang beberapa kali tergantung pada berapa banyak warna yang Anda inginkan.

7. Bila warna seluruh bagian kain telah berubah, sekarang saatnya untuk merebusnya dengan air panas. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghilangkan lilin sehingga motif yang telah dibuat dapat dilihat dengan jelas. Di Indonesia, proses ini disebut "nglorot".

8. Tentu saja kain batik ini perlu dicuci bersih. jual kain batik Ini adalah proses terakhir dari pembuatan batik. Cuci dan keringkan.

Sekarang Anda memiliki batik DIY pertama. Selamat!

Apa batik? Aku bisa membuat pernyataan ini bahwa sementara banyak orang yang tahu atau pernah mendengar tentang kata ini, terutama jadi di sini di Malaysia, Singapura dan Indonesia, tetapi banyak orang tidak, atau lebih tepatnya, sudah mendapat kesalahpahaman yang salah batik itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar